Header Ads

..metabolisme tubuh..

         Paper ini sebagai salah satu syarat untuk tampil presentasi program mata kuliah Heat Transfer (Kalor dan Perpindahannya)..

A. Metabolisme Tubuh
Metabolisme adalah semua proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Metabolisme berasal dari bahasa Yunani, metabole yang artinya “berubah”. Proses metabolisme ini melibatkan berbagai reaksi kimia. Reaksi- reaksi tersebut memerlukan energi. Manusia memerlukan energi yang berasal dari lingkungannya untuk kehidupannya. Energy, didefinisikan sebagai kapasitas untuk melakukan kerja. Sumber energi tubuh adalah karbohidrat, lemak, protein (termasuk vitamin, mineral dan air). Agar dapat digunakan, sumber energi harus dirubah menjadi ATP (adenosin triphosphat) melalui bantuan katalisator berupa enzim. ATP merupakan komponen berenergi tinggi yang diperlukan untuk kontraksi otot dan melaksanakan fungsi sel yang lain.
Dari manakah energi didapatkan? Sumber energi utama bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi berasal dari energi matahari. Energi matahari tersebut digunakan oleh produsen, seperti tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis. Melalui fotosintesis, energi diubah menjadi senyawa berenergi seperti ATP.  ATP digunakan langsung oleh tumbuhan atau disimpan dalam bentuk karbohidrat. Karbohidrat tersebut selanjutnya dapat diubah dan disimpan dalam bentuk lemak, protein, dan senyawa organik lainnya.

Perubahan sumber energi dilaksanakan melalui rantai metabolisme. Energi dalam tubuh dibutuhkan untuk:
1.    Kinerja (bio)-kimiawi, untuk mensintesis komponen sel yang diperlukan, mempertahankan dan mengubah sumber energi di dalam tubuh;
2.    Kinerja mekanis, untuk kerja otot;
3.  Kinerja elektrokimia, untuk kerja saraf, otot, transpor aktif, pertukaran ion, membentuk perbedaan konsentrasi ion, dan transmisi impuls saraf.
Energi dapat dijumpai dalam beberapa macam, antara lain:
1.    Energi potensial: adalah kapasitas melakukan kerja,
2.    Energi kinetik: adalah energi untuk bergerak,
3.    Energi termal: berupa panas (berasal dari transfer energi ke ATP)
4.  Energi kimia: adalah energi potential molekules yang dapat diukur dengan satuan Kalori. 
Untuk lebih lengkapnya download di sini: http://www.mediafire.com/view/?4gd7hbfbdq8q2e1

No comments