Header Ads

..Deskripsi Diri Maba 2009


DESKRIPSI DIRI MABA
JURUSAN FISIKA FMIPA UNM ANGKATAN 2009
OLEH:
MURNIATY M
091204157
PHYSIC BILINGUAL ( ICP )
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2009/2010


A. Bio Data
1.     Nama                                     : Murniaty M
2.     Tempat Tanggal Lahir     : Ujung Pandang, 09 September 1991
3.     Alamat di Kab/Kota          : Pangkep
Jalan                         : Matahari
Kecamatan             : Pangkajene
Kelurahan               : Padoang-doangan
Tlp/HP                       : 085255431305
Kode Pos                 : 90611
4.     Alamat di kota                    : Makassar
Jalan                         : Muhajirin II
Kecamatan             : Tamalate
Kelurahan               : Mangasa
Tlp/Hp                       : 0411865498
Kode Pos                 : 90244
5.     Riwayat Pendidikan         :

No.
Jenjang Pendidikan
Tamat Tahun
Nama Sekolah
1
TK
-
-
2
SD/MI
2003
SDN 03 Sambung Jawa
3
SMP/MTs
2006
SMPN 01 Bungoro
4
SMA/SMK/MA
2009
SMAN 01 Pangkajene
B. Informasi/Jawaban/Pendapat
1.   Mengapa Jurusan Fisika FMIPA UNM  menjadi pilihan Anda untuk melanjutkan studi.  Jelaskan alasan-alasan yang bersumber dari dalam diri maupun dari luar diri anda.
Jawaban         : alasan yang bersumber dari dalam diri adalah kemauan untuk menjadi anak yang mampu membanggakan kedua orang tua dalam hal berprestasi. Sedangkan alasan yang bersumber dari luar diri adalah motivasi untuk menjadi siswa yang berpendirian dalam hal mengambil keputusan, karena begitu banyak siswa di sekolahku mengambil jurusan matematika dibandingkan dengan jurusan fisika. Maka dari itu saya memilih jurusan fisika berdasarkan kemauan karena jujur saya sudah menyukai pelajaran fisika sejak masih SMP. Selain itu saya pernah mengikuti ajang olimpiade fisika antar SMP di Kab Pangkep. Maka dari itu dengan alasan-alasan tersebut saya mengambil keputusan untuk melanjutkan studi pada jurusan Fisika FMIPA UNM dengan mengambil program bilingual agar saya bisa menjadi guru/dosen yang berkualitas.
2.   Kemukakan 3 mata pelajaran  yang  Anda gemari (mulai dari yang paling digemari) selama menjadi siswa di SMA/SMK/MA. Tuliskan nilai yang Anda peroleh pada setiap semester untuk ketiga mata pelajaran tersebut.
Jawaban         : sejak memasuki SMA mulai dari kelas X hingga kelas XII, saya tertarik untuk belajar bahasa Indonesia. Mungkin disebabkan karena pelajaran tersebut cukup menarik untuk diikuti pembahasannya ditambah dengan cara mengajar gurunya yang mampu membuat saya nyaman dan berani tampil mengekspresikan tugas yang dikerjakan. Beliau-beliau juga tegas tanpa membeda-bedakan siswa yang satu dengan yang lainnya dalam pengumpulan tugas dan pemberian nilai. Selanjutnya sejak masuk SMA duduk dibangku kelas X hingga XII saya lebih menikmati belajar kesenian, karena pelajaran ini sangat membutuhkan keuletan,kerajinan, dan kesabaran untuk menciptakan karya yang lebih bagus. Selain itu, guru kesenian juga selalu terlibat memberikan petunjuk dan saran agar karya yang dihasilkan berkualitas bagus. Kemudian memasuki jenjang pendidikan SMA yang tentunya menurut saya pelajaran kimia merupakan pelajaran yang baru saya hadapi di SMA ternyata menarik perhatianku untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang apa-apa saja yang ada di lingkungan sekitar memiliki zat kimia. Jadi tiga mata pelajaran yang saya gemari selama menjadi siswa SMA/SMK/MA adalah  bahasa indonesia, kesenian, kimia.
No.
Mata Pelajaran
Nilai Semester
I
II
III
IV
V
VI
1
Bahasa Indonesia
83
83
83
84
79
84
2
Kesenian
90
83
90
90
90
97
3
Kimia
74
77
85
89
82
86
3.   Dalam hal apa saja terhadap 3 mata pelajaran yang dimaksudkan pada nomor 2 yang membuat anda menggemarinya. Jelaskan setiap hal yang anda maksudkan, misalnya: (1) ketermanfaatan materi; (2) pribadi guru; (3) cara mengajar guru; dan lain-lain.
Jawaban         : a. bahasa Indonesia :
(1) Ketermanfaatan materi : materi yang disajikan oleh semua guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah saya cukup menarik. Selain itu materi yang disajikan cukup fokus pada garis-garis besar pokok materi.
(2) Pribadi guru                       :guru-guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah saya mempunyai pribadi yang cukup baik. Mereka mampu menilai  kemampuan masing-masing siswa secara adil. Selain itu, beliau-beliau cukup ramah sehingga suasana kelas  yang dirasakan para siswa tidak tegang supaya memudahkan para siswa  untuk memahami pelajaran tersebut.
(3) Cara mengajar guru       : pembawaan sikap dari guru-guru bidang studi tersebut cukup membuat suasana kelas menjadi nyaman, santai tapi serius. Selain itu, masing-masing siswa diberikan kesempatan untuk mengekspresikan tugas yang telah diberikan. Kemudian siswa lainnya berhak memberikan pertanyaan atau kritik yang membangun agar praktik dari materi berikutnya menjadi lebih baik.
b. kesenian :
(1)  Ketermanfaatan materi : materi yang disajikan memang tidak memerlukan banyak waktu melainkan menuntut karakter siswa dalam mengerjakan sesuatu hal yang cukup memerlukan keuletan, ketekunan, bahkan kesabaran.
(2) Pribadi guru                 : guru-guru bidang studi kesenian di sekolah saya mempunyai pribadi yang cukup ramah. Mereka tak pernah lelah membantu para siswa dengan cara memberi saran supaya karya yang akan dihasilkan para siswa menjadi hal yang luar biasa.
(3) Cara mengajar guru   : semua guru mata pelajaran kesenian di sekolah saya memberikan pelayanan yang berkesan bagi para siswa. Mereka cukup memberikan pengarahan yang berguna untuk menciptakan karya yang luar biasa dari para siswa. Selain itu, saling membantu dalam  pembuatan karya mampu mendorong siswa agar bersaing secara sehat menciptakan karya yang spektakuler.
     c. kimia
(1) Ketermanfaatan materi : materi yang dijelaskan sangat erat kaitannya dengan kehidupan sekitar. Pelajaran ini bermanfaat untuk mengetahui benda-benda yang mengandung zat kimia dengan efek samping yang dapat menyebabkan penyakit bahkan kematian.
(2) Pribadi guru                      : semua guru mata pelajaran kimia di sekolah saya identik dengan hal-hal nasehat yang memberikan siswa semangat untuk menghadapi pelajaran. Beliau-beliau selalu berusaha untuk mendekatkan diri pada siswa, agar semua siswa merasa guru yang ada di sekolah pada waktu proses belajar-mengajar merupakan orangtua kami semua yang tentunya harus dihormati dan dijaga perasaannya.
(3) Cara mengajar guru   : pembahasan materi yang dibawakan cukup menarik perhatian semua siswa. Beliau-beliau tidak sukar untuk memberikan contoh dari materi yang diterangkan pada siswa, karena  semua contoh yang diberikan sudah  ada pada lingkungan sekitar kita. Sehingga semua siswa mampu memahami penjelasan materi yang dibahas dengan baik.
4.   Kemukakan 3 mata pelajaran yang Anda tidak gemari (mulai dari yang paling tidak digemari) selama menjadi siswa di SMA/SMK/MA. Tuliskan nilai yang anda peroleh pada setiap semester untuk ketiga mata pelajaran tersebut.
Jawaban         : awalnya saya bertambah semangat dan semakin suka menghadapi pelajaran fisika sejak masuk SMA kelas X karena kualitas guru fisika yang mengajar bagus, tapi setelah beranjak ke kelas XI saya kira prospek kedepannya akan lebih bagus tapi nyatanya kualitas guru yang mengajar kurang bagus dalam  menjelaskan materi pokok yang disampaikan. Apalagi setelah duduk dibangku XII, semangat belajar mulai berkurang karena diajar dengan guru fisika yang yang penjelasannya sukar dimengerti. Sehingga membuat saya menjadi malas dan mulai membenci mata pelajaran fisika, karena itu dengan mengambil jurusan Fisika FMIPA UNM dengan harapan akan mulai menyukai fisika. Selanjutnya mata pelajaran biologi pada waktu SMA kelas X saya bisa memahami apa yang diterangkan oleh guru biologi karena proses belajar mengajar seimbang dengan diadakannya antara teori dengan praktikum. Kemudian setelah duduk dibangku kelas XI sama sekali tidak pernah memahami apa yang bisa dipahami, karena guru biologi pada waktu itu sedang mengalami sakit hingga beberapa bulan. Jadi otomatis waktu belajar biologi banyak yang kosong. Meskipun sudah dipelajari tanpa adanya penjelasan maupun praktik rasa bosan mulai menghampiri. Kemudian lanjut kekelas XII mulai belajar dengan aktif, karena dasar pelajaran biologi kurang mau tidak mau pastinya sukar untuk mengerti pada materi berikutnya. Lama kelamaan akhirnya membuat saya tidak suka belajar biologi. Selanjutnya mata pelajaran sejarah sejak SMA kelas X hingga kelas XII membuat saya menjadi bingung mengenal sejarah yang ada, karena keterbatasan waktu untuk setiap pertemuan mata pelajaran ini membuat saya menjadi bimbang dan banyaknya pendapat-pendapat ahli yang berbeda-beda dari beberapa buku menyatakan sesuatu yang berkaitan dengan sejarah. Didukung dengan keterbatasan waktu yang mengurangi materi yang akan didiskusikan, membuat saya akhirnya mulai tidak menyukai mata pelajaran tersebut. Jadi tiga mata pelajaran yang saya tidak gemari selama menjadi siswa di SMA/SMK/MA adalah fisika, biologi,  sejarah.
No.
Mata Pelajaran
Nilai Semester
I
II
III
IV
V
VI
1
Fisika
75
83
83
84
77
80
2
Biologi
86
77
80
80
81
80
3
Sejarah
91
85
85
68
83
90
5.   Dalam hal apa saja terhadap 3 mata pelajaran yang dimaksudkan pada nomor 4 yang membuat anda tidak menggemarinya. Jelaskan setiap hal yang anda maksudkan, misalnya: (1) ketermanfaatan materi; (2) pribadi guru; (3) cara mengajar guru; dan lain-lain.
Jawaban         : a. fisika
(1) Ketermanfaatan materi : sebenarnya fisika bagi saya menarik untuk dipelajari, karena materinya berkaitan dengan lingkungan sekitar.
(2) Pribadi guru                 : guru-guru fisika di sekolah saya memiliki karakter yang berbeda-beda, ada guru yang berkepribadian tegas dan menyenangkan serta ada pula guru yang berkepribadian acuh tak acuh.
(3) Cara mengajar              : cara mengajar guru-guru berbeda-beda pula, ada yang memakai trik menjelaskan secara terperinci dan mudah dipahami, serta ada juga menjelaskan secara panjang lebar tapi sukar untuk dipahami.
b. biologi
(1) Ketermanfaatan materi : sama halnya dengan fisika, biologi pun juga  menarik untuk dipelajari seluk-beluk mengenai makhluk hidup dan alam sekitarnya.
(2) Pribadi guru                : pribadi guru-guru biologi di sekolah saya mempunyai karakter yang berbeda-beda yaitu ramah dan ada juga yang intelek.
(3) Cara mengajar guru  : guru-guru biologi di sekolah saya semuanya cukup berpotensi dalam menerangkan pelajaran yang sedang dibahas, namun kurang peduli dengan pemahaman siswa.
c. sejarah
(1) Ketermanfaatan materi   : sebenarnya sejarah merupakan mata pelajaran yang menarik dalam hal membahas peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Serta kita semua patut untuk mencontoh kepribadian para pejuang terdahulu dalam hal kepemimpinan, gotong royong, rela berkorban, dll.
(2) Pribadi guru                       : guru-guru sejarah di sekolah saya memiliki pribadi yang cukup ramah dan sabar terhadap seluruh siswa di kelas.
(3) Cara mengajar guru        : semua hal yang telah dijelaskan mudah untuk dimengerti dengan membayangkan peristiwa tersebut pada masa lampau, akan tetapi semua guru selalu berpatokan pada buku yang belum tentu siswa memilikinya.
6.   Menurut pandangan Anda, apa saja yang menjanjikan di Jurusan Fisika FMIPA UNM  sehingga dapat menopang kehidupan  Anda sekeluarga?
Jawaban         : menurut pandangan saya melanjutkan studi di jurusan Fisika FMIPA UNM tentunya mampu mencetak atau menghasilkan tenaga kerja  baik pada bidang profesi guru, dosen, maupun peneliti yang cukup berpotensi serta mampu bersaing secara sehat di lingkungan masyarakat. Selain itu, Insya Allah dengan kerja keras diiringi doa dari kedua orangtua, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi lulusan sarjana jurusan Fisika FMIPA UNM agar saya mampu mengangkat nama baik kedua orangtua saya bahwa mereka juga mempunyai anak yang patut dibanggakan.
7.   Untuk dapat mewujudkan janji-janji yang dimaksudkan pada nomor 6, jelaskan langkah-langkah yang Anda akan tempuh mulai dari bulan September 2009 hingga 4 tahun kedepan. Anda dapat mengemukakan langkah-langkah: bulanan, semesteran, atau tahunan.
Jawaban         : untuk dapat mewujudkan janji-janji tersebut, langkah-langkah yang akan saya tempuh adalah sebagai berikut:
1. Berdoa pada Tuhan YME agar selalu dimudahkan dalam menghadapi segala sesuatunya.
2. Menjaga amanah dan mengingat nasehat orangtua, agar saya bisa berhasil menjadi lulusan sarjana Fisika FMIPA UNM.
3. Belajar dengan sungguh-sungguh dan tetap harus selalu semangat.
4. Menjaga kesehatan dengan baik, agar saya mampu berkosentrasi penuh pada mata kuliah yang sedang dihadapi.
5.  Menghormati dosen sebagai pendidik dan pengganti orangtua di kuliahan.
6.  Menjaga hubungan baik sesama teman dan senior, agar kekompakan selalu tercipta.
8. Jurusan Fisika FMIPA UNM membina mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika. Jelaskan menurut  pandangan Anda mengenai perbedaan Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika.
Jawaban: perbedaannya adalah Program Studi Pendidikan Fisika mampu menghasilkan pengabdi masyarakat dengan profesi sebagai pendidik yang menuju pada profesi guru, dosen,dll. Sedangkan pada Program Studi Fisika mampu mencetak para peneliti-peneliti yang siap bersaing secara sehat di lingkungan masyarakat luas dengan bakat dan potensi masing-masing agar mampu menciptakan hasil eksperimen yang menakjubkan. 
9.   Pekerjaan apa yang senantiasa Anda cita-citakan, dan mengapa pekerjaan itu menjadi cita-cita Anda. Apakah jurusan Fisika FMIPA UNM dapat membantu Anda dalam mewujudkan cita-citanya? Jelaskan!
Jawaban         : pekerjaan yang senantiasa saya cita-citakan adalah ingin menjadi seorang arsitektur, karena saya gemar menggambar bentuk bangunan rumah dan berniat untuk merancang istana yang megah buat kedua orangtua. Tapi karena orangtua menginginkan saya untuk melanjutkan studi di UNM yang prospeknya kedepan lebih bagus dan menjanjikan. Kenapa tidak mengikuti keinginan kedua orangtua supaya saya mampu meraih kunci kesuksesan, karena dengan mengikuti kemauan kedua orangtua insya Allah itu merupakan jalan yang terbaik buat saya tentunya. Lagipula menjadi seorang guru/dosen merupakan pekerjaan yang luar biasa menurutku. Maka dari itu jurusan Fisika FMIPA UNM dapat membantu saya dalam mewujudkan cita-cita kedua orangtuaku, yang insya Allah dengan melihat anaknya menjadi lulusan sarjana Fisika FMIPA UNM dengan nilai yang terbaik,amin.
10. Jika Anda memilih Program Studi Pendidikan Fisika atau Program Studi Fisika, pelayanan apa saja yang Anda butuhkan dari Pimpinan, Dosen, Pegawai, dan Mahasiswa (senior) agar keinginan atau cita-cita Anda dapat tercapai. Jelaskan!
Jawaban         : pelayanan yang paling saya butuhkan tentunya kenyamanan dalam hal mengikuti aktivitas rutin sebagai mahasiswa. Pelayanan yang saya butuhkan dari pimpinan yaitu membutuhkan kesamaan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa UNM. Kemudian pelayanan yang saya butuhkan dari dosen yaitu berhak mengikuti materi kuliah berdasarkan ketentuan yang telah disepakati. Selain itu, pelayanan yang saya butuhkan dari pegawai yaitu membantu saya dalam menyelesaikan urusan yang berkaitan dengan kuliah. Serta pelayanan yang saya butuhkan dari senior yaitu senior mampu membantu mengatasi masalah yang dihadapi junior, apalagi berkaitan dengan tugas kuliah dan menjaga kekompakan antara senior dengan junior sebagai satu rumpun yaitu sebagai mahasiswa UNM.
11. Bagaimana cara/metode/strategi mengajar guru fisika yang paling anda suka selama Anda di SMA/SMK/MA. Jelaskan langkah-langkahnnya.
Jawaban         : metode mengajar guru fisika yang paling saya suka selama di SMA adalah sebagai berikut :
a. Guru Fisika menjelaskan secara terperinci mengenai garis besar materi yang diterangkannya.
b.   Guru Fisika memberikan soal latihan dengan batas waktu tertentu.
c. Guru Fisika mengelompokkan beberapa kelompok dari beberapa siswa untuk menjelaskan tugas yang akan dipresentasikan nantinya.
d.   Guru Fisika memberikan beberapa soal dalam bentuk kuis yang dikerjakan dalam kurun waktu tertentu, dari sinilah guru fisika mampu menilai seberapa besar kemampuan yang dimiliki siswa.
e.    Guru Fisika memberikan LKS (Lembar Kerja Siswa), dimana isi LKS tersebut berisikan secara terperinci beberapa materi yang akan dibahas dan untuk dipraktikkan.
f.  Guru Fisika memberikan pada semua siswa berupa lembaran kumpulan nilai, dan lembaran nilai tersebut dikelola oleh siswa itu sendiri. Hal tersebut bertujuan agar para siswa mampu menilai bagaimana kemampuannya dalam mempelajari pelajaran Fisika.
g.  Guru Fisika mampu membuat suasana kelas menjadi nyaman sehingga para siswa merasa semangat untuk memperhatikan penjelasan dari guru fisika. 
12. Bagaimana cara /metode/strategi mengajar guru Fisika yang paling Anda tidak suka selama Anda di SMA/SMK/MA.
Jawaban         : metode guru mengajar fisika yang paling saya tidak suka selama di SMA adalah sebagai berikut.
a. Guru Fisika menjelaskan materi secara berkelok-kelok sehingga semua siswa sukar memahami apa yang telah diterangkannya.
b. Guru Fisika kurang beribawa dan tegas sehingga semua siswa kurang menghormati keberadaannya dan menjadikan siswa kurang berminat untuk mengikuti materi yang dijelaskannya.
c. Guru Fisika kurang kreatif dalam hal mengambil langkah untuk menarik minat dan semangat siswa agar pelajaran yang sedang dibawakannya mampu menarik perhatian semua siswa.
d.  Guru Fisika menjelaskan materinya dengan sikap acuh tanpa memperdulikan suasana kelas sehingga keadaan tersebut membuat siswa merasa bosan, ribut, mengantuk, sampai akhirnya ketiduran.
e.  Guru Fisika tidak adil dalam hal pemberian nilai pada siswa, siswa yang merasa dirinya mampu atau boleh dikatakan lebih baik mendapat nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang boleh dikatakan kurang dalam hal menanggapi materi pelajaran tersebut. Hal ini tentunya memunculkan persepsi dan tanggapan yang berbeda-beda dikalangan siswa.
13. Guru mata pelajaran apa yang menjadi idola Anda selama Anda di SMA/SMK/MA? Jelaskan.
Jawaban         : guru mata pelajaran yang menjadi idola saya selama di SMA tepatnya kelas XII adalah guru bidang studi matematika. Beliau mampu menerangkan materi secara ringkas dengan cara cepat yang jitu sehingga para siswa mampu mencerna dengan baik apa yang telah diterangkannya. Selain itu para siswa dilatih mengerjakan soal-soal sedemikian banyaknya, kemudian para siswa dilatih mengerjakan soal secara individu di depan papan tulis. Jika jawaban siswa tersebut kurang tepat tentunya beliau akan memberikan sanksi berupa hiburan untuk siswa-siswa lainnya agar suasana kelas selama pelajaran tersebut berlangsung dengan nyaman.
14. Guru mata pelajaran apa yang Anda kurang/tidak simpati selama Anda di SMA/SMK/MA? Jelaskan.
Jawaban         : guru mata pelajaran yang menurut saya kurang/tidak simpati selama di SMA tepatnya kelas XI adalah guru bidang studi fisika. Beliau selama menerangkan materi yang dibahas kurang kreatif untuk menarik minat para siswa, karena menurut saya beliau acuh dan kurang tegas dalam menyikapi tingkah laku para siswa yang sudah mulai merasa bosan untuk mengikuti materi beliau. Selain itu, beliau dalam hal memberikan soal pada siswa menganggap jawaban para siswa tidak ada artinya. Sehingga para siswa mulai juga bersikap acuh tak acuh dalam mengikuti pelajaran tersebut.
15.  Mengapa pendidikan harus dituntut setinggi mungkin dan/atau dicari sejauh mungkin? Jelaskan.
Jawaban         : menurutku pendidikan adalah hal yang utama bagi semua orang, karena ilmu itu tak ada batasnya. Selain itu, menuntut ilmu merupakan tuntutan hidup. Seperti dua buah hadist yang mengatakan “tuntutlah ilmu sejak buaian hingga ke liang lahat” dan “tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri China”. Atas dasar dari dua hadist tersebut tentunya kita mampu memaknai bahwa ilmu itu berupa harta yang tak bisa dicuri oleh siapapun. Tentunya orang yang telah berpendidikan mesti menyeimbangkan ilmu yang dimilikinya dengan akhlak yang baik, seperti peribahasa yang menyatakan sama halnya dengan padi “semakin berisi semakin merunduk”. Jangan jadikan ilmu itu membuat kita akhirnya menjadi angkuh hingga terperosok ke dalam jurang yang paling dalam. Karena dari beberapa orang yang berpendidikan telah melakukan tindakan yang bisa merugikan negara, seperti korupsi, menggelapkan uang pajak dan bea cukai, dll. Mereka memang orang yang berpendidikan tapi tak mampu menggunakan ilmunya dengan berbuat amal kebaikan. Jelasnya semua itu mereka lakukan tanpa adanya dasar akhlak dan moral yang baik.
16. Apakah  Anda pernah berusaha untuk meningkatkan hasil belajar Fisika dan bagaimana. Berikan contoh nyata yang Anda alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA/SMK/MA.
Jawaban         : saya pernah berusaha untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada waktu SMA kelas X. Langkah-langkah yang saya tempuh adalah pertama mencintai/menyukai pelajaran tersebut, dengan sikap seperti itu saya selalu merasa semangat untuk mempelajarinya. Sikap saya menyukai pelajaran tergantung pada pembawaan guru dalam mengajar di kelas. Saya selalu mengulang pelajaran tersebut di rumah dan tak henti-hentinya berlatih soal yang ada pada LKS (Lembar Kerja Siswa) yang dipegang oleh masing-masing siswa dan selalu berusaha untuk memahami rumus-rumus fisika. Selain itu, membaca-baca materi yang akan dibahas besoknya dan mempersiapkan sekelumit masalah yang dapat dibahas bersama teman-teman. Setelah tiba waktunya ulangan harian alhasil nilai yang saya dapat cukup memuaskan. 
17. Apakah Anda pernah membuat produk, proyek, dan/atau karya ilmiah yang bernuansa Fisika. Berikan contoh nyata dalam kehidupan Anda sebagai siswa SMA/SMK/MA.
Jawaban         : saya tidak pernah membuat produk, proyek, dan/atau karya ilmiah yang bernuansa fisika. Itu semua karena kurangnya jadual mengadakan praktik untuk membenarkan teori yang sedang dibahas, juga kurangnya alat-alat praktik yang terbatas untuk mendukung berlangsungnya praktikum. Selain itu laboratorium hanya bisa dimasuki oleh siswa pada saat jam pelajaran tersebut di sekolah. Jadi boleh dikatakan saya masih perlu belajar dengan giat dalam hal praktikum.
18.  Apakah Anda pernah terlibat sebagai pengurus organisasi dan/atau panitia di sekolah. Berikan contoh nyata dalam kehidupan Anda sebagai siswa SMA/SMK/MA.
Jawaban         : saya pernah terlibat sebagai anggota remas (remaja masjid) di SMA dulu. Menjadi anggota organisasi remas memang membutuhkan rasa tanggung jawab dan saya tidak mungkin mengesampingkan kewajibanku sebagai siswa SMA yang harus giat belajar dan menjadi siswa yang berprestasi. Selain itu saya juga pernah menjadi perangkat inti kelas sebagai sekretaris, saya menjalani amanah tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan perintah yang diberikan oleh wali kelas. Menjalani organisasi cukup bagus buat saya, karena dengan itu rasa tanggung jawab sangat dibutuhkan. Selain itu, kerjasama merupakan tonggak keberhasilan untuk sukses menjalankan organisasi tersebut asalkan jangan terlalu fokus pada satu hal sehingga melupakan kewajiban sebagai pelajar yaitu belajar dan belajar.
19. Apakah Anda pernah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (bakti sosial).  Berikan contoh nyata dalam kehidupan Anda sebagai siswa SMA/SMK/MA.
Jawaban         : saya pernah melakukan baksos sebagai siswa SMA yaitu mengadakan buka puasa bersama dengan anak-anak yatim piatu yang berlokasi di masjid sekolah saya sendiri. Dengan saya turut berpartisipasi dalam acara tersebut, saya bisa memaknai bahwa manusia dihadapan Tuhan semuanya sama hanya amal perbuatan masing-masing yang membedakannya. Selain itu, rasa syukur pun patut dipanjatkan karena alhamdulillah saya memiliki kehidupan yang lebih layak dari mereka dan masih tinggal bersama kedua orangtua. Beda dengan mereka yang masih butuh akan kasih sayang kedua orangtua, maka dari itu kita semua patut menjaga tali silaturahim dan menyayangi mereka sebagai hamba Allah. 
20. Bagaimana karakter/kepribadian Anda yang menggambarkan kemampuan pengendalian diri, kesabaran, empati, dan rasionalitas pada berbagai situasi. Berikan contoh nyata yang Anda alami dalam kehidupan Anda sebagai siswa SMA/SMK/MA, sebagai anggota keluarga, dan sebagai anggota masyarakat.
Jawaban         :
a. Kepribadian saya dalam menggambarkan kemampuan pengendalian diri lebih terkontrol dalam mengambil tindakan agar lebih berhati-hati dan juga berusaha untuk tidak mencontoh. Hal ini bukan berarti bahwa saya sedang menyembunyikan emosi, melainkan memilih untuk tidak diatur oleh emosi. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah membiarkan seorang teman mengoceh semaunya ketika terjadi perbedaan pendapat antara kami berdua dan tetap berusaha tenang menghadapinya. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga adalah mengontrol diri agar bisa memaklumi tingkah laku adik yang mengganggu saya sedang belajar. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah mengendalikan diri dalam menghadapi tetangga yang sewenang-wenangnya membuang sampah di sembarang tempat meskipun sudah diberitahukan.
b. Kepribadian saya dalam menggambarkan kemampuan kesabaran masih perlu ditingkatkan. Manusia diciptakan oleh Allah dengan berbagai karakter. Karakter tersebut dapat terbentuk sesuai dengan lingkungan dan kepribadiannya. Kesabaran manusia diuji oleh Allah melalui cobaan yang diberikan manusia sesuai dengan kemampuan dirinya masing-masing. Cobaan tersebut akan terasa berat jika kita menjalaninya dengan sikap kesal dan sedih, tapi apabila cobaan itu kita lalui dengan kesabaran dan keikhlasan, semuanya kan terasa mudah dan menyenangkan. Pengalaman-pengalaman saya dulu dalam menghadapi cobaan yang diberikan oleh Allah terkadang muncul rasa kesal, kecewa, sedih, bahkan menyesal yang menyelimuti perasaan ini dan terkadang juga muncul sikap santai bahkan tertawa jika menghadapi cobaan. Tapi lama kelamaan setelah direnungkan setiap  cobaan yang dilalui pasti mempunyai hikmah tersendiri, hal itu menjadikan saya bisa lebih bersabar dan selalu berpikir positif. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah dalam situasi menunggu kehadiran guru bidang studi untuk memulai pelajaran sangat membutuhkan adanya sikap sabar, situasi tersebut saya gunakan untuk membaca-baca buku dan berpikir positif. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga adalah menunggu dengan hati yang riang agar dibelikan telepon genggam yang baru. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah selalu berpikir positif apabila tetangga meminjam sesuatu benda yang belum dikembalikan dari beberapa hari.
c. Kepribadian saya dalam menggambarkan kemampuan empati cukup tinggi. Sebenarnya empati itu merupakan kepekaan seseorang dalam hal turut  merasakan apa yang sedang dirasakan orang lain, baik itu dalam hal suka maupun duka. Contoh yang saya alami  dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah turut bersedih melihat salah satu teman sekelas mempunyai masalah dengan ibu tirinya serta turut memberikan dia solusi yang terbaik buat kedepannya. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga adalah merasa senang melihat adik dibelikan mobil mainan oleh ibu. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah menjenguk tetangga yang sedang sakit dan mendoakannya agar lekas sembuh.
d. Kepribadian saya dalam menggambarkan kemampuan rasionalitas sangat berpengaruh buat pribadi dalam hal menentukan langkah buat masa depan. Seperti kita ketahui rasionalitas yaitu kemampuan dan kemauan bersikap dan bertindak dengan menggunakan akal sehat. Rasionalitas dan akal budi yang sehat akan membimbing pertimbangan, sikap dan tindakan seseorang, terutama dalam menghadapi pilihan-pilihan sulit. Lemahnya rasionalitas berarti lumpuhnya kemampuan manusia untuk berpikir secara sehat, jernih, kritis, dan logis, dan juga berakibat pada lemahnya kesadaran. Manusia seperti itu yang kehilangan segala atributnya tak ada bedanya dengan robot. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah menolak ajakan teman untuk tidak mengikuti satu jam mata pelajaran yang sedang berlangsung. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga adalah pernah berpikir untuk kabur dari rumah karena dimarahi oleh orangtua, tapi saya membatalkannya hanya karena masalah sepele solusinya bisa menimbulkan masalah yang lebih besar. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah menasehati tetangga akibat berusaha merusak pagar tetangga lain yang disebabkan tetangga tersebut mempunyai masalah dengan tetangga lain. 
21. Jelaskan etos kerja Anda yang meliputi semangat, target kerja, disiplin, dan ketangguhan Anda dalam menghadapi masalah. Berikan contoh nyata yang Anda lakukan/alami dalam kehidupan Anda sebagai siswa SMA/SMK/MA, sebagai anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
Jawaban         : etos kerja saya meliputi semangat, target kerja, disiplin, dan ketangguhan dalam menghadapi masalah merupakan satu kesatuan yang saling terkait. Bagian-bagian dari itulah merupakan awal puncak kesuksesan. Apabila kita mampu menjalankan itu semua yakin dan percaya saya termasuk salah satu yang akan menuju kursi kesuksesan. Semangat adalah sikap awal dimana seorang mampu menghadapi masalah dengan senyuman, disamping itu target kerja merupakan hal yang terpenting untuk membuat rencana awal kegiatan yang akan dilakukan pada masa depan. Selain itu, disiplin adalah hal yang paling utama untuk menjadikan segala aktivitas berjalan sesuai rencana, apabila kedisiplinan tidak ditanamkan sejak dini akibatnya segala sesuatu tidak berjalan dengan semestinya. Serta ketangguhan seseorang pun juga mendukung untuk mempertahankan suatu pendirian. Maka dari semua unsur dalam etos kerja tersebut masing-masing memiliki peranan penting dalam menghadapi suatu masalah. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah tidak mudah menjalankan hak dan kewajiban sebagai siswa SMA untuk mendapatkan prestasi yang baik dalam bersaing sehat di lingkungan sekolah sesama teman-teman sekelas. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga adalah membagi pribadi menjadi dwifungsi yaitu sebagai pelajar dan anggota keluarga yang berkewajiban membantu orangtua mengerjakan pekerjaan rumah. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah berusaha menjaga tingkah laku sebagai warga masyarakat yang baik agar mampu menjaga nama baik kedua orangtua. 
22. Jelaskan integritas Anda dalam kaitannya dengan kejujuran, keteguhan prinsip, konsistensi, tanggung jawab, dan keteladanan yang dapat ditunjukkan di lingkungan anda. Berikan contoh  nyata yang Anda alami dalam kehidupan Anda sebagai siswa SMA/SMK/MA, sebagai anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
 Jawaban        : saya sangat menjunjung tinggi integritas dalam kaitannya dengan kejujuran, keteguhan prinsip, konsistensi, tanggung jawab, dan keteladanan. Semua unsur-unsur tersebut juga menjadi satu-kesatuan. Hal tersebut dapat mencetak manusia-manusia yang memegang teguh prinsip bagi dirinya. Kejujuran adalah mata uang yang berlaku di seluruh dunia, karena kejujuran merupakan awal dari tumbuhnya rasa saling percaya sesama manusia. Keteguhan prinsip adalah suatu sikap dimana seseorang tidak mudah terpengaruh akan hal apapun untuk mempertahankan yang patut dipertahankan. Konsistensi adalah sikap dimana seseorang taat akan asas/aturan yang berlaku. Tanggung jawab adalah sikap seseorang mampu melaksanakan apapun dan siap dengan segala konsekuensi yang akan diterimanya. Keteladanan adalah sikap dimana seseorang mampu untuk menjadi panutan yang baik buat semua orang. Jadi kelima unsur tersebut memegang peranan yang penting dalam upaya menjadikan pribadi ini sebagai orang yang memegang teguh prinsip. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah mematuhi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekolah. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga adalah mematuhi norma-norma yang berlaku di lingkungan rumah. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah mematuhi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
23. Bagaimana  Anda menyikapi kritik, saran, dan pendapat orang lain? Berikan contoh  nyata yang Anda alami dalam kehidupan Anda sebagai siswa SMA/SMK/MA, sebagai anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
Jawaban         : sikap saya dalam hal menyikapi kritik, saran, dan pendapat orang lain adalah menerima dengan terbuka. Tapi perlu dipikirkan secara matang bahwa kritikan, saran, dan pendapat tersebut memiliki kualitas yang bagus atau tidak, bisa menunjukkan perubahan atau malah bertambah buruk buat diri sendiri. Jadi menurut saya menerima kritik, saran, dan pendapat orang lain boleh-boleh saja, tapi pikirkan terlebih dahulu apakah hal tersebut mampu menunjukkan perubahan yang baik tentunya. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah ketika mempresentasikan tugas secara individu kemudian salah seorang teman memberikan saran yang bagus untuk penampilan tugas berikutnya. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga adalah menerima saran dari ayah jika pulang dari kerja kelompok di rumah teman meskipun tugas tersebut agak bersat usahakan jangan pulang terlalu sore. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah menerima saran dari ketua RT bagaimana baiknya dalam hal mematuhi norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat sebagai anggota masyarakat yang baru.
24. Bagaimana kemampuan Anda dalam menjalin kerjasama dan berkomunikasi. Berikan contoh nyata yang Anda alami dalam kehidupan Anda sebagai siswa SMA/SMK/MA, sebagai anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
Jawaban         : kemampuan saya dalam menjalin kerjasama dan berkomunikasi bisa dikatakan masih perlu banyak belajar, kerjasama bisa tumbuh jika dipupuk dengan sikap saling percaya dan tanggung jawab. Sedangkan komunikasi mampu berjalan dengan baik apabila dipenuhi dengan sikap saling ingin tahu berita yang terbaru di alami. Seperti kita tahu kekompakan bisa tercipta apabila kita mampu membangun kerjasama dan komunikasi yang baik dengan orang lain. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah saling bekerjasama dan saling membutuhkan satu sama lainnya dalam hal menyelesaikan tugas presentasi dari guru.Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga pastinya sudah sangat kompak dan komunikasi pun lancar, karena saya setelah melepas lelah sepulang sekolah lebih memilih untuk tetap di rumah belajar maupun bercengkrama dengan anggota keluarga lainnya jika tak  ada hal yang penting. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah mengadakan kerja bakti setiap minggu di lingkungan sekitar perumahan. Peristiwa tersebut tentunya mampu menjalin kerjasama antartetangga yang dilandasi rasa tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan sekitar bersih dan sejuk. Selain itu komunikasi antartetangga terjalin lebih baik lagi, karena masing-masing memiliki aktivitas rutin yang padat.
25. Tuliskan nama semua guru mata pelajaran Fisika sewaktu Anda di SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Lebih baik jika Anda menuliskan alamat dan nomor teleponnya.
Jawaban:
a.   SMP/MTs 
No.
Nama Guru
Alamat
1
Sukini S. Pd
BTN. Bungoro Indah Baru, Kab Pangkep.
2
Drs. Muh Yusril
Jln. Andi Caco, Kab Pangkep.
3
Drs. Ibrahim Rasyid
Tabo-tabo, Kab Pangkep.
b.   SMA/SMK/MA
No.
Nama Guru
Alamat
1
Andi Lenny Rahim S.Pd
Jln. Cendana Timur, Kab Pangkep.
2
Minhaj
Jln. Andi Mauraga, Kab Pangkep.
3
Abdul Rasyid S.Pd
Kampung Tala-tala, Minasate’ne, Kab Pangkep.
4
Drs. H. Chaeril Kadir
Perum guru SMAN 1 Pangkajene, Kab Pangkep.

 Makassar, 5 September 2009
Mahasiswa yang menyatakan


                                                      MURNIATY M

No comments