..Deskripsi Diri Maba 2009
DESKRIPSI DIRI MABA
JURUSAN FISIKA FMIPA UNM ANGKATAN 2009
OLEH:
MURNIATY M
091204157
PHYSIC BILINGUAL ( ICP )
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2009/2010
A. Bio Data
1.
Nama :
Murniaty M
2.
Tempat Tanggal Lahir : Ujung
Pandang, 09 September 1991
3.
Alamat di Kab/Kota :
Pangkep
Jalan :
Matahari
Kecamatan :
Pangkajene
Kelurahan :
Padoang-doangan
Tlp/HP :
085255431305
Kode Pos :
90611
4.
Alamat di kota :
Makassar
Jalan :
Muhajirin II
Kecamatan :
Tamalate
Kelurahan :
Mangasa
Tlp/Hp :
0411865498
Kode Pos : 90244
5.
Riwayat Pendidikan :
No.
|
Jenjang Pendidikan
|
Tamat Tahun
|
Nama Sekolah
|
1
|
TK
|
-
|
-
|
2
|
SD/MI
|
2003
|
SDN 03 Sambung Jawa
|
3
|
SMP/MTs
|
2006
|
SMPN 01 Bungoro
|
4
|
SMA/SMK/MA
|
2009
|
SMAN 01 Pangkajene
|
B. Informasi/Jawaban/Pendapat
1.
Mengapa Jurusan Fisika FMIPA UNM
menjadi pilihan Anda untuk melanjutkan studi. Jelaskan alasan-alasan yang bersumber dari
dalam diri maupun dari luar diri anda.
Jawaban : alasan yang bersumber dari dalam diri adalah kemauan untuk menjadi anak
yang mampu membanggakan kedua orang tua dalam hal berprestasi. Sedangkan alasan
yang bersumber dari luar diri adalah motivasi untuk menjadi siswa yang
berpendirian dalam hal mengambil keputusan, karena begitu banyak siswa di sekolahku
mengambil jurusan matematika dibandingkan dengan jurusan fisika. Maka dari itu
saya memilih jurusan fisika berdasarkan kemauan karena jujur saya sudah
menyukai pelajaran fisika sejak masih SMP. Selain itu saya pernah mengikuti
ajang olimpiade fisika antar SMP di Kab Pangkep. Maka dari itu dengan
alasan-alasan tersebut saya mengambil keputusan untuk melanjutkan studi pada
jurusan Fisika FMIPA UNM dengan mengambil program bilingual agar saya bisa
menjadi guru/dosen yang berkualitas.
2.
Kemukakan 3 mata pelajaran
yang Anda gemari (mulai dari yang
paling digemari) selama menjadi siswa di SMA/SMK/MA. Tuliskan nilai yang Anda
peroleh pada setiap semester untuk ketiga mata pelajaran tersebut.
Jawaban : sejak memasuki SMA mulai dari kelas X hingga kelas XII, saya tertarik
untuk belajar bahasa Indonesia. Mungkin disebabkan karena pelajaran tersebut
cukup menarik untuk diikuti pembahasannya ditambah dengan cara mengajar gurunya
yang mampu membuat saya nyaman dan berani tampil mengekspresikan tugas yang
dikerjakan. Beliau-beliau juga tegas tanpa membeda-bedakan siswa yang satu
dengan yang lainnya dalam pengumpulan tugas dan pemberian nilai. Selanjutnya
sejak masuk SMA duduk dibangku kelas X hingga XII saya lebih menikmati belajar
kesenian, karena pelajaran ini sangat membutuhkan keuletan,kerajinan, dan
kesabaran untuk menciptakan karya yang lebih bagus. Selain itu, guru kesenian
juga selalu terlibat memberikan petunjuk dan saran agar karya yang dihasilkan
berkualitas bagus. Kemudian memasuki jenjang pendidikan SMA yang tentunya
menurut saya pelajaran kimia merupakan pelajaran yang baru saya hadapi di SMA
ternyata menarik perhatianku untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang apa-apa
saja yang ada di lingkungan sekitar memiliki zat kimia. Jadi tiga mata
pelajaran yang saya gemari selama menjadi siswa SMA/SMK/MA adalah bahasa indonesia, kesenian, kimia.
No.
|
Mata Pelajaran
|
Nilai Semester
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
1
|
Bahasa Indonesia
|
83
|
83
|
83
|
84
|
79
|
84
|
2
|
Kesenian
|
90
|
83
|
90
|
90
|
90
|
97
|
3
|
Kimia
|
74
|
77
|
85
|
89
|
82
|
86
|
3.
Dalam hal apa saja terhadap 3 mata pelajaran yang dimaksudkan pada nomor
2 yang membuat anda menggemarinya. Jelaskan setiap hal yang anda maksudkan,
misalnya: (1) ketermanfaatan materi; (2) pribadi guru; (3) cara mengajar guru;
dan lain-lain.
Jawaban : a. bahasa Indonesia :
(1) Ketermanfaatan materi : materi yang disajikan oleh semua guru bidang studi
bahasa Indonesia di sekolah saya cukup menarik. Selain itu materi yang
disajikan cukup fokus pada garis-garis besar pokok materi.
(2) Pribadi guru :guru-guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah saya mempunyai
pribadi yang cukup baik. Mereka mampu menilai
kemampuan masing-masing siswa secara adil. Selain itu, beliau-beliau
cukup ramah sehingga suasana kelas yang
dirasakan para siswa tidak tegang supaya memudahkan para siswa untuk memahami pelajaran tersebut.
(3) Cara mengajar guru : pembawaan sikap dari guru-guru bidang studi tersebut cukup membuat
suasana kelas menjadi nyaman, santai tapi serius. Selain itu, masing-masing
siswa diberikan kesempatan untuk mengekspresikan tugas yang telah diberikan.
Kemudian siswa lainnya berhak memberikan pertanyaan atau kritik yang membangun
agar praktik dari materi berikutnya menjadi lebih baik.
b.
kesenian :
(1)
Ketermanfaatan materi : materi yang disajikan memang tidak memerlukan banyak waktu melainkan
menuntut karakter siswa dalam mengerjakan sesuatu hal yang cukup memerlukan
keuletan, ketekunan, bahkan kesabaran.
(2) Pribadi guru : guru-guru bidang studi kesenian di sekolah saya mempunyai pribadi yang
cukup ramah. Mereka tak pernah lelah membantu para siswa dengan cara memberi
saran supaya karya yang akan dihasilkan para siswa menjadi hal yang luar biasa.
(3) Cara mengajar guru : semua guru mata pelajaran kesenian di sekolah saya
memberikan pelayanan yang berkesan bagi para siswa. Mereka cukup memberikan
pengarahan yang berguna untuk menciptakan karya yang luar biasa dari para
siswa. Selain itu, saling membantu dalam
pembuatan karya mampu mendorong siswa agar bersaing secara sehat
menciptakan karya yang spektakuler.
c.
kimia
(1) Ketermanfaatan materi : materi yang dijelaskan sangat erat kaitannya dengan
kehidupan sekitar. Pelajaran ini bermanfaat untuk mengetahui benda-benda yang mengandung
zat kimia dengan efek samping yang dapat menyebabkan penyakit bahkan kematian.
(2) Pribadi guru : semua guru mata pelajaran kimia di sekolah saya identik dengan hal-hal
nasehat yang memberikan siswa semangat untuk menghadapi pelajaran.
Beliau-beliau selalu berusaha untuk mendekatkan diri pada siswa, agar semua
siswa merasa guru yang ada di sekolah pada waktu proses belajar-mengajar
merupakan orangtua kami semua yang tentunya harus dihormati dan dijaga
perasaannya.
(3) Cara mengajar guru : pembahasan materi yang dibawakan cukup menarik
perhatian semua siswa. Beliau-beliau tidak sukar untuk memberikan contoh dari
materi yang diterangkan pada siswa, karena
semua contoh yang diberikan sudah
ada pada lingkungan sekitar kita. Sehingga semua siswa mampu memahami
penjelasan materi yang dibahas dengan baik.
4.
Kemukakan 3 mata pelajaran yang Anda tidak gemari (mulai dari yang
paling tidak digemari) selama menjadi siswa di SMA/SMK/MA. Tuliskan nilai yang
anda peroleh pada setiap semester untuk ketiga mata pelajaran tersebut.
Jawaban : awalnya saya bertambah semangat dan semakin suka menghadapi pelajaran
fisika sejak masuk SMA kelas X karena kualitas guru fisika yang mengajar
bagus, tapi setelah beranjak ke kelas XI saya kira prospek kedepannya akan lebih
bagus tapi nyatanya kualitas guru yang mengajar kurang bagus dalam menjelaskan materi pokok yang disampaikan.
Apalagi setelah duduk dibangku XII, semangat belajar mulai berkurang karena
diajar dengan guru fisika yang yang penjelasannya sukar dimengerti. Sehingga
membuat saya menjadi malas dan mulai membenci mata pelajaran fisika, karena itu
dengan mengambil jurusan Fisika FMIPA UNM dengan harapan akan mulai menyukai
fisika. Selanjutnya mata pelajaran biologi pada waktu SMA kelas X saya bisa
memahami apa yang diterangkan oleh guru biologi karena proses belajar mengajar
seimbang dengan diadakannya antara teori dengan praktikum. Kemudian setelah
duduk dibangku kelas XI sama sekali tidak pernah memahami apa yang bisa
dipahami, karena guru biologi pada waktu itu sedang mengalami sakit hingga
beberapa bulan. Jadi otomatis waktu belajar biologi banyak yang kosong.
Meskipun sudah dipelajari tanpa adanya penjelasan maupun praktik rasa bosan
mulai menghampiri. Kemudian lanjut kekelas XII mulai belajar dengan aktif,
karena dasar pelajaran biologi kurang mau tidak mau pastinya sukar untuk
mengerti pada materi berikutnya. Lama kelamaan akhirnya membuat saya tidak suka
belajar biologi. Selanjutnya mata pelajaran sejarah sejak SMA kelas X hingga
kelas XII membuat saya menjadi bingung mengenal sejarah yang ada, karena
keterbatasan waktu untuk setiap pertemuan mata pelajaran ini membuat saya
menjadi bimbang dan banyaknya pendapat-pendapat ahli yang berbeda-beda dari
beberapa buku menyatakan sesuatu yang berkaitan dengan sejarah. Didukung dengan
keterbatasan waktu yang mengurangi materi yang akan didiskusikan, membuat saya
akhirnya mulai tidak menyukai mata pelajaran tersebut. Jadi tiga mata pelajaran
yang saya tidak gemari selama menjadi siswa di SMA/SMK/MA adalah fisika,
biologi, sejarah.
No.
|
Mata Pelajaran
|
Nilai Semester
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
1
|
Fisika
|
75
|
83
|
83
|
84
|
77
|
80
|
2
|
Biologi
|
86
|
77
|
80
|
80
|
81
|
80
|
3
|
Sejarah
|
91
|
85
|
85
|
68
|
83
|
90
|
5.
Dalam hal apa saja terhadap 3 mata pelajaran yang dimaksudkan pada nomor
4 yang membuat anda tidak menggemarinya. Jelaskan setiap hal yang anda
maksudkan, misalnya: (1) ketermanfaatan materi; (2) pribadi guru; (3) cara
mengajar guru; dan lain-lain.
Jawaban : a. fisika
(1) Ketermanfaatan materi : sebenarnya fisika bagi saya menarik untuk
dipelajari, karena materinya berkaitan dengan lingkungan sekitar.
(2) Pribadi guru : guru-guru fisika di sekolah saya memiliki karakter yang berbeda-beda,
ada guru yang berkepribadian tegas dan menyenangkan serta ada pula guru yang
berkepribadian acuh tak acuh.
(3) Cara mengajar : cara mengajar guru-guru berbeda-beda pula, ada yang memakai trik
menjelaskan secara terperinci dan mudah dipahami, serta ada juga menjelaskan
secara panjang lebar tapi sukar untuk dipahami.
b.
biologi
(1) Ketermanfaatan materi : sama halnya dengan fisika, biologi pun juga menarik untuk dipelajari seluk-beluk mengenai
makhluk hidup dan alam sekitarnya.
(2) Pribadi guru : pribadi guru-guru biologi di sekolah
saya mempunyai karakter yang berbeda-beda yaitu ramah dan ada juga yang
intelek.
(3) Cara mengajar guru : guru-guru biologi di sekolah saya semuanya cukup
berpotensi dalam menerangkan pelajaran yang sedang dibahas, namun kurang peduli
dengan pemahaman siswa.
c.
sejarah
(1) Ketermanfaatan materi : sebenarnya sejarah merupakan mata pelajaran yang
menarik dalam hal membahas peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau.
Serta kita semua patut untuk mencontoh kepribadian para pejuang terdahulu dalam
hal kepemimpinan, gotong royong, rela berkorban, dll.
(2) Pribadi guru : guru-guru sejarah di sekolah saya memiliki pribadi yang cukup ramah dan
sabar terhadap seluruh siswa di kelas.
(3) Cara mengajar guru : semua hal yang telah dijelaskan mudah untuk
dimengerti dengan membayangkan peristiwa tersebut pada masa lampau, akan tetapi
semua guru selalu berpatokan pada buku yang belum tentu siswa memilikinya.
6.
Menurut pandangan Anda, apa saja yang menjanjikan di Jurusan Fisika
FMIPA UNM sehingga dapat menopang
kehidupan Anda sekeluarga?
Jawaban : menurut pandangan saya melanjutkan studi di jurusan Fisika FMIPA UNM
tentunya mampu mencetak atau menghasilkan tenaga kerja baik pada bidang profesi guru, dosen, maupun
peneliti yang cukup berpotensi serta mampu bersaing secara sehat di lingkungan
masyarakat. Selain itu, Insya Allah dengan kerja keras diiringi doa dari kedua
orangtua, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi lulusan sarjana
jurusan Fisika FMIPA UNM agar saya mampu mengangkat nama baik kedua orangtua
saya bahwa mereka juga mempunyai anak yang patut dibanggakan.
7.
Untuk dapat mewujudkan janji-janji yang dimaksudkan pada nomor 6,
jelaskan langkah-langkah yang Anda akan tempuh mulai dari bulan September 2009
hingga 4 tahun kedepan. Anda dapat mengemukakan langkah-langkah: bulanan, semesteran,
atau tahunan.
Jawaban : untuk dapat mewujudkan janji-janji tersebut, langkah-langkah yang akan
saya tempuh adalah sebagai berikut:
1. Berdoa pada Tuhan YME agar selalu dimudahkan dalam
menghadapi segala sesuatunya.
2. Menjaga amanah dan mengingat nasehat orangtua, agar
saya bisa berhasil menjadi lulusan sarjana Fisika FMIPA UNM.
3. Belajar dengan sungguh-sungguh dan tetap harus
selalu semangat.
4. Menjaga kesehatan dengan baik, agar saya mampu
berkosentrasi penuh pada mata kuliah yang sedang dihadapi.
5. Menghormati dosen sebagai pendidik dan pengganti
orangtua di kuliahan.
6. Menjaga hubungan baik sesama teman dan senior, agar
kekompakan selalu tercipta.
8. Jurusan Fisika FMIPA UNM membina mahasiswa Program Studi Pendidikan
Fisika dan Program Studi Fisika. Jelaskan menurut pandangan Anda mengenai perbedaan Program
Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika.
Jawaban: perbedaannya adalah Program Studi Pendidikan Fisika mampu menghasilkan
pengabdi masyarakat dengan profesi sebagai pendidik yang menuju pada profesi
guru, dosen,dll. Sedangkan pada Program Studi Fisika mampu mencetak para
peneliti-peneliti yang siap bersaing secara sehat di lingkungan masyarakat luas
dengan bakat dan potensi masing-masing agar mampu menciptakan hasil eksperimen
yang menakjubkan.
9.
Pekerjaan apa yang senantiasa Anda cita-citakan, dan mengapa pekerjaan
itu menjadi cita-cita Anda. Apakah jurusan Fisika FMIPA UNM dapat membantu Anda
dalam mewujudkan cita-citanya? Jelaskan!
Jawaban : pekerjaan yang senantiasa saya cita-citakan adalah ingin menjadi
seorang arsitektur, karena saya gemar menggambar bentuk bangunan rumah dan
berniat untuk merancang istana yang megah buat kedua orangtua. Tapi karena
orangtua menginginkan saya untuk melanjutkan studi di UNM yang prospeknya
kedepan lebih bagus dan menjanjikan. Kenapa tidak mengikuti keinginan kedua
orangtua supaya saya mampu meraih kunci kesuksesan, karena dengan mengikuti
kemauan kedua orangtua insya Allah itu merupakan jalan yang terbaik buat saya
tentunya. Lagipula menjadi seorang guru/dosen merupakan pekerjaan yang luar
biasa menurutku. Maka dari itu jurusan Fisika FMIPA UNM dapat membantu saya
dalam mewujudkan cita-cita kedua orangtuaku, yang insya Allah dengan melihat
anaknya menjadi lulusan sarjana Fisika FMIPA UNM dengan nilai yang terbaik,amin.
10. Jika Anda memilih Program Studi Pendidikan Fisika atau Program Studi
Fisika, pelayanan apa saja yang Anda butuhkan dari Pimpinan, Dosen, Pegawai,
dan Mahasiswa (senior) agar keinginan atau cita-cita Anda dapat tercapai.
Jelaskan!
Jawaban : pelayanan yang paling saya butuhkan tentunya kenyamanan dalam hal
mengikuti aktivitas rutin sebagai mahasiswa. Pelayanan yang saya butuhkan dari
pimpinan yaitu membutuhkan kesamaan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa UNM.
Kemudian pelayanan yang saya butuhkan dari dosen yaitu berhak mengikuti materi
kuliah berdasarkan ketentuan yang telah disepakati. Selain itu, pelayanan yang
saya butuhkan dari pegawai yaitu membantu saya dalam menyelesaikan urusan yang
berkaitan dengan kuliah. Serta pelayanan yang saya butuhkan dari senior yaitu
senior mampu membantu mengatasi masalah yang dihadapi junior, apalagi berkaitan
dengan tugas kuliah dan menjaga kekompakan antara senior dengan junior sebagai
satu rumpun yaitu sebagai mahasiswa UNM.
11. Bagaimana cara/metode/strategi mengajar guru fisika yang paling anda
suka selama Anda di SMA/SMK/MA. Jelaskan langkah-langkahnnya.
Jawaban : metode mengajar guru fisika yang paling saya suka selama di SMA adalah
sebagai berikut :
a. Guru Fisika menjelaskan secara terperinci mengenai
garis besar materi yang diterangkannya.
b. Guru Fisika memberikan soal latihan dengan batas
waktu tertentu.
c. Guru Fisika mengelompokkan beberapa kelompok dari
beberapa siswa untuk menjelaskan tugas yang akan dipresentasikan nantinya.
d. Guru Fisika memberikan beberapa soal dalam bentuk
kuis yang dikerjakan dalam kurun waktu tertentu, dari sinilah guru fisika mampu
menilai seberapa besar kemampuan yang dimiliki siswa.
e. Guru Fisika memberikan LKS (Lembar Kerja Siswa),
dimana isi LKS tersebut berisikan secara terperinci beberapa materi yang akan dibahas
dan untuk dipraktikkan.
f. Guru Fisika memberikan pada semua siswa berupa
lembaran kumpulan nilai, dan lembaran nilai tersebut dikelola oleh siswa itu
sendiri. Hal tersebut bertujuan agar para siswa mampu menilai bagaimana kemampuannya
dalam mempelajari pelajaran Fisika.
g. Guru Fisika mampu membuat suasana kelas menjadi
nyaman sehingga para siswa merasa semangat untuk memperhatikan penjelasan dari
guru fisika.
12. Bagaimana cara /metode/strategi mengajar guru Fisika yang paling Anda tidak
suka selama Anda di SMA/SMK/MA.
Jawaban : metode guru mengajar fisika yang paling saya tidak suka selama di SMA
adalah sebagai berikut.
a. Guru Fisika menjelaskan materi secara
berkelok-kelok sehingga semua siswa sukar memahami apa yang telah diterangkannya.
b. Guru Fisika kurang beribawa dan tegas sehingga
semua siswa kurang menghormati keberadaannya dan menjadikan siswa kurang
berminat untuk mengikuti materi yang dijelaskannya.
c. Guru Fisika kurang kreatif dalam hal mengambil
langkah untuk menarik minat dan semangat siswa agar pelajaran yang sedang
dibawakannya mampu menarik perhatian semua siswa.
d. Guru Fisika menjelaskan materinya dengan sikap acuh
tanpa memperdulikan suasana kelas sehingga keadaan tersebut membuat siswa
merasa bosan, ribut, mengantuk, sampai akhirnya ketiduran.
e. Guru Fisika tidak adil dalam hal pemberian nilai
pada siswa, siswa yang merasa dirinya mampu atau boleh dikatakan lebih baik
mendapat nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang boleh dikatakan
kurang dalam hal menanggapi materi pelajaran tersebut. Hal ini tentunya
memunculkan persepsi dan tanggapan yang berbeda-beda dikalangan siswa.
13. Guru mata pelajaran apa yang menjadi idola Anda selama Anda di
SMA/SMK/MA? Jelaskan.
Jawaban : guru mata pelajaran yang menjadi idola saya selama di SMA tepatnya
kelas XII adalah guru bidang studi matematika. Beliau mampu menerangkan materi
secara ringkas dengan cara cepat yang jitu sehingga para siswa mampu mencerna
dengan baik apa yang telah diterangkannya. Selain itu para siswa dilatih
mengerjakan soal-soal sedemikian banyaknya, kemudian para siswa dilatih
mengerjakan soal secara individu di depan papan tulis. Jika jawaban siswa
tersebut kurang tepat tentunya beliau akan memberikan sanksi berupa hiburan
untuk siswa-siswa lainnya agar suasana kelas selama pelajaran tersebut
berlangsung dengan nyaman.
14. Guru mata pelajaran apa yang Anda kurang/tidak simpati selama Anda di
SMA/SMK/MA? Jelaskan.
Jawaban : guru mata pelajaran yang menurut saya kurang/tidak simpati selama di
SMA tepatnya kelas XI adalah guru bidang studi fisika. Beliau selama
menerangkan materi yang dibahas kurang kreatif untuk menarik minat para siswa,
karena menurut saya beliau acuh dan kurang tegas dalam menyikapi tingkah laku
para siswa yang sudah mulai merasa bosan untuk mengikuti materi beliau. Selain
itu, beliau dalam hal memberikan soal pada siswa menganggap jawaban para siswa
tidak ada artinya. Sehingga para siswa mulai juga bersikap acuh tak acuh dalam
mengikuti pelajaran tersebut.
15. Mengapa pendidikan harus dituntut setinggi mungkin dan/atau dicari
sejauh mungkin? Jelaskan.
Jawaban : menurutku pendidikan adalah hal yang utama bagi semua orang, karena
ilmu itu tak ada batasnya. Selain itu, menuntut ilmu merupakan tuntutan hidup. Seperti
dua buah hadist yang mengatakan “tuntutlah ilmu sejak buaian hingga ke liang
lahat” dan “tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri China”. Atas dasar dari dua
hadist tersebut tentunya kita mampu memaknai bahwa ilmu itu berupa harta yang
tak bisa dicuri oleh siapapun. Tentunya orang yang telah berpendidikan mesti
menyeimbangkan ilmu yang dimilikinya dengan akhlak yang baik, seperti
peribahasa yang menyatakan sama halnya dengan padi “semakin berisi semakin
merunduk”. Jangan jadikan ilmu itu membuat kita akhirnya menjadi angkuh hingga
terperosok ke dalam jurang yang paling dalam. Karena dari beberapa orang yang
berpendidikan telah melakukan tindakan yang bisa merugikan negara, seperti
korupsi, menggelapkan uang pajak dan bea cukai, dll. Mereka memang orang yang
berpendidikan tapi tak mampu menggunakan ilmunya dengan berbuat amal kebaikan.
Jelasnya semua itu mereka lakukan tanpa adanya dasar akhlak dan moral yang
baik.
16. Apakah Anda pernah berusaha untuk
meningkatkan hasil belajar Fisika dan bagaimana. Berikan contoh nyata yang Anda
alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA/SMK/MA.
Jawaban : saya pernah berusaha untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada waktu
SMA kelas X. Langkah-langkah yang saya tempuh adalah pertama mencintai/menyukai
pelajaran tersebut, dengan sikap seperti itu saya selalu merasa semangat untuk
mempelajarinya. Sikap saya menyukai pelajaran tergantung pada pembawaan guru
dalam mengajar di kelas. Saya selalu mengulang pelajaran tersebut di rumah dan
tak henti-hentinya berlatih soal yang ada pada LKS (Lembar Kerja Siswa) yang dipegang
oleh masing-masing siswa dan selalu berusaha untuk memahami rumus-rumus fisika.
Selain itu, membaca-baca materi yang akan dibahas besoknya dan mempersiapkan
sekelumit masalah yang dapat dibahas bersama teman-teman. Setelah tiba waktunya
ulangan harian alhasil nilai yang saya dapat cukup memuaskan.
17. Apakah Anda pernah membuat produk, proyek, dan/atau karya ilmiah yang
bernuansa Fisika. Berikan contoh nyata dalam kehidupan Anda sebagai siswa
SMA/SMK/MA.
Jawaban : saya tidak pernah membuat produk, proyek, dan/atau karya ilmiah yang
bernuansa fisika. Itu semua karena kurangnya jadual mengadakan praktik untuk
membenarkan teori yang sedang dibahas, juga kurangnya alat-alat praktik yang
terbatas untuk mendukung berlangsungnya praktikum. Selain itu laboratorium
hanya bisa dimasuki oleh siswa pada saat jam pelajaran tersebut di sekolah. Jadi
boleh dikatakan saya masih perlu belajar dengan giat dalam hal praktikum.
18. Apakah Anda pernah terlibat sebagai pengurus organisasi dan/atau panitia
di sekolah. Berikan contoh nyata dalam kehidupan Anda sebagai siswa SMA/SMK/MA.
Jawaban : saya pernah terlibat sebagai anggota remas (remaja masjid) di SMA dulu.
Menjadi anggota organisasi remas memang membutuhkan rasa tanggung jawab dan saya
tidak mungkin mengesampingkan kewajibanku sebagai siswa SMA yang harus giat
belajar dan menjadi siswa yang berprestasi. Selain itu saya juga pernah menjadi
perangkat inti kelas sebagai sekretaris, saya menjalani amanah tersebut dengan
penuh rasa tanggung jawab melaksanakan perintah yang diberikan oleh wali kelas.
Menjalani organisasi cukup bagus buat saya, karena dengan itu rasa tanggung
jawab sangat dibutuhkan. Selain itu, kerjasama merupakan tonggak keberhasilan
untuk sukses menjalankan organisasi tersebut asalkan jangan terlalu fokus pada
satu hal sehingga melupakan kewajiban sebagai pelajar yaitu belajar dan
belajar.
19. Apakah Anda pernah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat
(bakti sosial). Berikan contoh nyata
dalam kehidupan Anda sebagai siswa SMA/SMK/MA.
Jawaban : saya pernah melakukan baksos sebagai siswa SMA yaitu mengadakan buka
puasa bersama dengan anak-anak yatim piatu yang berlokasi di masjid sekolah
saya sendiri. Dengan saya turut berpartisipasi dalam acara tersebut, saya bisa
memaknai bahwa manusia dihadapan Tuhan semuanya sama hanya amal perbuatan
masing-masing yang membedakannya. Selain itu, rasa syukur pun patut dipanjatkan
karena alhamdulillah saya memiliki kehidupan yang lebih layak dari mereka dan
masih tinggal bersama kedua orangtua. Beda dengan mereka yang masih butuh akan
kasih sayang kedua orangtua, maka dari itu kita semua patut menjaga tali
silaturahim dan menyayangi mereka sebagai hamba Allah.
20. Bagaimana karakter/kepribadian Anda yang menggambarkan kemampuan
pengendalian diri, kesabaran, empati, dan rasionalitas pada berbagai situasi.
Berikan contoh nyata yang Anda alami dalam kehidupan Anda sebagai siswa
SMA/SMK/MA, sebagai anggota keluarga, dan sebagai anggota masyarakat.
Jawaban :
a. Kepribadian saya dalam menggambarkan kemampuan pengendalian diri
lebih terkontrol dalam mengambil tindakan agar lebih berhati-hati dan juga
berusaha untuk tidak mencontoh. Hal ini bukan berarti bahwa saya sedang
menyembunyikan emosi, melainkan memilih untuk tidak diatur oleh emosi. Contoh
yang saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah membiarkan seorang
teman mengoceh semaunya ketika terjadi perbedaan pendapat antara kami berdua
dan tetap berusaha tenang menghadapinya. Contoh yang saya alami dalam kehidupan
sebagai anggota keluarga adalah mengontrol diri agar bisa memaklumi tingkah
laku adik yang mengganggu saya sedang belajar. Contoh yang saya alami dalam
kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah mengendalikan diri dalam menghadapi
tetangga yang sewenang-wenangnya membuang sampah di sembarang tempat meskipun
sudah diberitahukan.
b. Kepribadian saya dalam menggambarkan kemampuan kesabaran masih perlu
ditingkatkan. Manusia diciptakan oleh Allah dengan berbagai karakter. Karakter
tersebut dapat terbentuk sesuai dengan lingkungan dan kepribadiannya. Kesabaran
manusia diuji oleh Allah melalui cobaan yang diberikan manusia sesuai dengan
kemampuan dirinya masing-masing. Cobaan tersebut akan terasa berat jika kita
menjalaninya dengan sikap kesal dan sedih, tapi apabila cobaan itu kita lalui
dengan kesabaran dan keikhlasan, semuanya kan terasa mudah dan menyenangkan. Pengalaman-pengalaman
saya dulu dalam menghadapi cobaan yang diberikan oleh Allah terkadang muncul
rasa kesal, kecewa, sedih, bahkan menyesal yang menyelimuti perasaan ini dan
terkadang juga muncul sikap santai bahkan tertawa jika menghadapi cobaan. Tapi
lama kelamaan setelah direnungkan setiap
cobaan yang dilalui pasti mempunyai hikmah tersendiri, hal itu
menjadikan saya bisa lebih bersabar dan selalu berpikir positif. Contoh yang
saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah dalam situasi menunggu
kehadiran guru bidang studi untuk memulai pelajaran sangat membutuhkan adanya
sikap sabar, situasi tersebut saya gunakan untuk membaca-baca buku dan berpikir
positif. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga adalah
menunggu dengan hati yang riang agar dibelikan telepon genggam yang baru.
Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah selalu
berpikir positif apabila tetangga meminjam sesuatu benda yang belum
dikembalikan dari beberapa hari.
c. Kepribadian saya dalam menggambarkan kemampuan empati cukup tinggi.
Sebenarnya empati itu merupakan kepekaan seseorang dalam hal turut merasakan apa yang sedang dirasakan orang
lain, baik itu dalam hal suka maupun duka. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah turut
bersedih melihat salah satu teman sekelas mempunyai masalah dengan ibu tirinya
serta turut memberikan dia solusi yang terbaik buat kedepannya. Contoh yang
saya alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga adalah merasa senang
melihat adik dibelikan mobil mainan oleh ibu. Contoh yang saya alami dalam
kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah menjenguk tetangga yang sedang
sakit dan mendoakannya agar lekas sembuh.
d. Kepribadian saya dalam menggambarkan kemampuan rasionalitas sangat
berpengaruh buat pribadi dalam hal menentukan langkah buat masa depan. Seperti
kita ketahui rasionalitas yaitu kemampuan dan kemauan bersikap dan bertindak
dengan menggunakan akal sehat. Rasionalitas dan akal budi yang sehat akan
membimbing pertimbangan, sikap dan tindakan seseorang, terutama dalam
menghadapi pilihan-pilihan sulit. Lemahnya rasionalitas berarti lumpuhnya
kemampuan manusia untuk berpikir secara sehat, jernih, kritis, dan logis, dan
juga berakibat pada lemahnya kesadaran. Manusia seperti itu yang kehilangan
segala atributnya tak ada bedanya dengan robot. Contoh yang saya alami dalam
kehidupan sebagai siswa SMA adalah menolak ajakan teman untuk tidak mengikuti
satu jam mata pelajaran yang sedang berlangsung. Contoh yang saya alami dalam
kehidupan sebagai anggota keluarga adalah pernah berpikir untuk kabur dari
rumah karena dimarahi oleh orangtua, tapi saya membatalkannya hanya karena
masalah sepele solusinya bisa menimbulkan masalah yang lebih besar. Contoh yang
saya alami dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah menasehati
tetangga akibat berusaha merusak pagar tetangga lain yang disebabkan tetangga
tersebut mempunyai masalah dengan tetangga lain.
21. Jelaskan etos kerja Anda yang meliputi semangat, target kerja, disiplin,
dan ketangguhan Anda dalam menghadapi masalah. Berikan contoh nyata yang Anda
lakukan/alami dalam kehidupan Anda sebagai siswa SMA/SMK/MA, sebagai anggota
keluarga, dan anggota masyarakat.
Jawaban : etos kerja saya meliputi semangat, target kerja, disiplin, dan
ketangguhan dalam menghadapi masalah merupakan satu kesatuan yang saling
terkait. Bagian-bagian dari itulah merupakan awal puncak kesuksesan. Apabila
kita mampu menjalankan itu semua yakin dan percaya saya termasuk salah satu
yang akan menuju kursi kesuksesan. Semangat adalah sikap awal dimana seorang mampu
menghadapi masalah dengan senyuman, disamping itu target kerja merupakan hal
yang terpenting untuk membuat rencana awal kegiatan yang akan dilakukan pada
masa depan. Selain itu, disiplin adalah hal yang paling utama untuk menjadikan
segala aktivitas berjalan sesuai rencana, apabila kedisiplinan tidak ditanamkan
sejak dini akibatnya segala sesuatu tidak berjalan dengan semestinya. Serta
ketangguhan seseorang pun juga mendukung untuk mempertahankan suatu pendirian.
Maka dari semua unsur dalam etos kerja tersebut masing-masing memiliki peranan
penting dalam menghadapi suatu masalah. Contoh yang saya alami dalam kehidupan
sebagai siswa SMA adalah tidak mudah menjalankan hak dan kewajiban sebagai
siswa SMA untuk mendapatkan prestasi yang baik dalam bersaing sehat di
lingkungan sekolah sesama teman-teman sekelas. Contoh yang saya alami dalam
kehidupan sebagai anggota keluarga adalah membagi pribadi menjadi dwifungsi yaitu
sebagai pelajar dan anggota keluarga yang berkewajiban membantu orangtua
mengerjakan pekerjaan rumah. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai
anggota masyarakat adalah berusaha menjaga tingkah laku sebagai warga
masyarakat yang baik agar mampu menjaga nama baik kedua orangtua.
22. Jelaskan integritas Anda dalam kaitannya dengan
kejujuran, keteguhan prinsip, konsistensi, tanggung jawab, dan keteladanan yang
dapat ditunjukkan di lingkungan anda. Berikan contoh nyata yang Anda alami dalam kehidupan Anda
sebagai siswa SMA/SMK/MA, sebagai anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
Jawaban : saya sangat menjunjung tinggi integritas dalam kaitannya dengan
kejujuran, keteguhan prinsip, konsistensi, tanggung jawab, dan keteladanan.
Semua unsur-unsur tersebut juga menjadi satu-kesatuan. Hal tersebut dapat mencetak
manusia-manusia yang memegang teguh prinsip bagi dirinya. Kejujuran adalah mata
uang yang berlaku di seluruh dunia, karena kejujuran merupakan awal dari
tumbuhnya rasa saling percaya sesama manusia. Keteguhan prinsip adalah suatu
sikap dimana seseorang tidak mudah terpengaruh akan hal apapun untuk
mempertahankan yang patut dipertahankan. Konsistensi adalah sikap dimana
seseorang taat akan asas/aturan yang berlaku. Tanggung jawab adalah sikap
seseorang mampu melaksanakan apapun dan siap dengan segala konsekuensi yang
akan diterimanya. Keteladanan adalah sikap dimana seseorang mampu untuk menjadi
panutan yang baik buat semua orang. Jadi kelima unsur tersebut memegang peranan
yang penting dalam upaya menjadikan pribadi ini sebagai orang yang memegang
teguh prinsip. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah
mematuhi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekolah. Contoh yang saya
alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga adalah mematuhi norma-norma yang
berlaku di lingkungan rumah. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai
anggota masyarakat adalah mematuhi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat.
23. Bagaimana Anda menyikapi kritik,
saran, dan pendapat orang lain? Berikan contoh nyata yang Anda alami dalam kehidupan Anda
sebagai siswa SMA/SMK/MA, sebagai anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
Jawaban : sikap saya dalam hal menyikapi kritik, saran, dan pendapat orang lain
adalah menerima dengan terbuka. Tapi perlu dipikirkan secara matang bahwa
kritikan, saran, dan pendapat tersebut memiliki kualitas yang bagus atau tidak,
bisa menunjukkan perubahan atau malah bertambah buruk buat diri sendiri. Jadi
menurut saya menerima kritik, saran, dan pendapat orang lain boleh-boleh saja,
tapi pikirkan terlebih dahulu apakah hal tersebut mampu menunjukkan perubahan
yang baik tentunya. Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA
adalah ketika mempresentasikan tugas secara individu kemudian salah seorang
teman memberikan saran yang bagus untuk penampilan tugas berikutnya. Contoh
yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga adalah menerima saran
dari ayah jika pulang dari kerja kelompok di rumah teman meskipun tugas
tersebut agak bersat usahakan jangan pulang terlalu sore. Contoh yang saya
alami dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah menerima saran dari
ketua RT bagaimana baiknya dalam hal mematuhi norma-norma yang berlaku di
lingkungan masyarakat sebagai anggota masyarakat yang baru.
24. Bagaimana kemampuan Anda dalam menjalin kerjasama dan berkomunikasi.
Berikan contoh nyata yang Anda alami dalam kehidupan Anda sebagai siswa
SMA/SMK/MA, sebagai anggota keluarga, dan anggota masyarakat.
Jawaban : kemampuan saya dalam menjalin kerjasama dan berkomunikasi bisa
dikatakan masih perlu banyak belajar, kerjasama bisa tumbuh jika dipupuk dengan
sikap saling percaya dan tanggung jawab. Sedangkan komunikasi mampu berjalan
dengan baik apabila dipenuhi dengan sikap saling ingin tahu berita yang terbaru
di alami. Seperti kita tahu kekompakan bisa tercipta apabila kita mampu
membangun kerjasama dan komunikasi yang baik dengan orang lain. Contoh yang
saya alami dalam kehidupan sebagai siswa SMA adalah saling bekerjasama dan
saling membutuhkan satu sama lainnya dalam hal menyelesaikan tugas presentasi
dari guru.Contoh yang saya alami dalam kehidupan sebagai anggota keluarga
pastinya sudah sangat kompak dan komunikasi pun lancar, karena saya setelah
melepas lelah sepulang sekolah lebih memilih untuk tetap di rumah belajar
maupun bercengkrama dengan anggota keluarga lainnya jika tak ada hal yang penting. Contoh yang saya alami
dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat adalah mengadakan kerja bakti setiap
minggu di lingkungan sekitar perumahan. Peristiwa tersebut tentunya mampu
menjalin kerjasama antartetangga yang dilandasi rasa tanggung jawab untuk
menciptakan lingkungan sekitar bersih dan sejuk. Selain itu komunikasi
antartetangga terjalin lebih baik lagi, karena masing-masing memiliki aktivitas
rutin yang padat.
25. Tuliskan nama semua guru mata pelajaran Fisika sewaktu Anda di SMP/MTs
dan SMA/SMK/MA. Lebih baik jika Anda menuliskan alamat dan nomor teleponnya.
Jawaban:
a.
SMP/MTs
No.
|
Nama Guru
|
Alamat
|
1
|
Sukini S. Pd
|
BTN. Bungoro Indah Baru, Kab Pangkep.
|
2
|
Drs. Muh Yusril
|
Jln. Andi Caco, Kab Pangkep.
|
3
|
Drs. Ibrahim Rasyid
|
Tabo-tabo, Kab Pangkep.
|
b.
SMA/SMK/MA
No.
|
Nama Guru
|
Alamat
|
1
|
Andi Lenny Rahim S.Pd
|
Jln. Cendana Timur, Kab Pangkep.
|
2
|
Minhaj
|
Jln. Andi Mauraga, Kab Pangkep.
|
3
|
Abdul Rasyid S.Pd
|
Kampung Tala-tala, Minasate’ne, Kab Pangkep.
|
4
|
Drs. H. Chaeril Kadir
|
Perum guru SMAN 1 Pangkajene, Kab Pangkep.
|
Makassar, 5
September 2009
Mahasiswa yang menyatakan
MURNIATY M
Post a Comment